Senin, 18 Juni 2012

DANAU MOAT

Danau moat adalah danau yang dinamakan masyarakat bolaang-mongondow yaitu danau keindahan Danau Moat, ini adalah salah satu keindahan alam yang terletak di tanah subur bolaang mongondow 


Jarak dari manado ke danau moat bisa memakan waktu 4 atau 5 jam,dan bisma menggunakan mobil pribadi,dan angkutan umum.






Danau Moat merupakan salah satu danau di wilayah Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya terletak di perbatasan antara Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (kec Passi) dengan Kabupaten Minahasa Selatan (kec. Modoinding). Kata moat menurut bahasa Minahasa artinya menjelang terbitnya matahari. Danau ini hidup ikan Sidat atau dalam bahasa setempat disebut Sogili. Hawanya sejuk dan panorama yang indah. Sungai yang yang bersumber dari danau ini yaitu Sungai Poigar. Luas danau ini 617 ha, dan merupakan sumber air Pembangkit Listik Tenaga Air (PLTA)Poigar PLN Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo).




Danau Moat
Mooat Lake, Modoinding, North Sulawesi


Danau Moat dikenal sebagai salah satu kawasan wisata perairan yang sangat diminati, baik oleh para wisatawan local maupun yang berada dari luar daerah atau mancanegara. Tapi, siapa sangka jika di kawasan danau Moat yang merupakan salah satu kebanggaan dan juga ikon dari Kabupaten Bolaang Mongondow ini, menyimpan hewan langka yang pada masa yang lalu dikenal sebagai sebuah mitos, yakni populasi Ikan Sidat atau ikan semacam Ikan Sogili tapi mempunyai dada berwarna kuning. Oleh karena adanya populasi hewan yang langka tersebut, akhirnya Pemerintah Pusat melalui DKP, telah menetapkan kawasan Danau Moat sebagai kawasan Konservasi Perairan di Indonesia, dengan luas wilayah sekitar 617 hektare. 

Ikan Sidat (Sogili)
Add caption












2 komentar:

  1. Apakah ada lokasi untuk terbang layang dari bukit/gunung di sekitar lokasi danau moat?

    BalasHapus
  2. terbang layang belum ada di modoinding...

    BalasHapus